Saat ini dibutuhkan media pembelajaran
yang lebih menarik baik dalam mata pembelajaran bahasa Inggris ataupun
pembelajaran lainnya sehingga siswa lebih termotivasi untuk belajar. Berikut
saya akan berbagi RPP bahasa Inggris dengan menggunakan media sebagai alat
bantu, SEMOGA BERMANFAAT!
LINGKARAN KARTU
Topik : Passive
Voice
Kelas :
XI (SMA)
Tujuan
pembelajaran:
Mengamati
· Siswa
mendengarkan dan membaca banyak kalimat Passive, dalam berbagai konteks.
· Siswa
mengikuti interaksi tentang tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan
pelakunya selama proses pembelajaran, dengan bimbingan guru.
· Siswa
menirukan contoh-contoh kalimat yang menyatakan dan menanyakan struktur Passive
· Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat yang
menyatakan dan menanyakan kalimat Passive (fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan).
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan antar berbagai kalimat Passive yang ada dalam bahasa
Inggris, perbedaan ungkapan dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa
Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Eksperimen (Explore)
a.
Siswa bertanya jawab dengan kalimat Passive dalam bahasa
Inggris dalam konteks simulasi dan
kegiatan lain yang terstruktur.
b. Siswa berusaha menyatakan dan menanyakan dalam bentuk passive dalam bahasa Inggris dalam proses
pembelajaran.
Mengasosiasi
· Siswa membandingkan
kalimat passive yang telah dipelajari
dengan kalimat aktive.
· Siswa
membandingkan antara kalimat passive dalam bahasa Inggris dengan bahasa ibu
atau bahasa Indonesia.
Komunikasi
· Siswa
bertanya jawab dengan kalimat passive dalam bahasa Inggris, di dalam dan di
luar kelas.
· Siswa
berkreasi dengan tulisan ilmiah mereka dengan kalimat passive
· Siswa
menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan
menanyakan kalimat passive dalam jurnal belajarnya.
Indikator :
·
Siswa bisa mengubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif
dalam bahasa inggris dan kalimat pasif menjadi kalimat aktif
·
Siswa mengetahui susunan kalimat pasif yang benar
·
Siswa mengetahui perbedaan antara kalimat pasif dan
kalimat aktif
Waktu :3x45 menit
Alat dan bahan :
-
Gunting
-
Penggaris
-
Bolpoin hitam
-
Kertas karton
-
Doubel tip
Kekuatan :
-
Siswa akan lebih banyak berlatih cara membuat kalimat
passive voice
-
Siswa mengetahui bentuk kalimat pasif
-
Mengajarkan perilaku jujur dan disiplin
Kelemahan :
-
Siswa butuh banyak waktu untuk mengubah kalimat
-
Siswa tak mengetahui kesalahan mereka dalam mengubah
kalimat aktif menjadi kalimat pasif
Tahapan pembelajaran:
-
Guru membuka pelajaran dengan menyapa, menanyakan keadaan
siswa dalam bahasa Inggris
-
Guru memperkenalkan materi yang akan diajarkan
-
Guru bertanya pada siswa mengenai sesuatu yang mereka
ketahui tentang materi
-
Guru menjelaskan materi dan memberikan beberapa contoh
-
Guru membuka tanya jawab kepada siswa.
-
Guru meminta beberapa siswa mengubah kalimat aktif yang
dituliskan di papan menjadi kalimat pasif sementara yang lain memperhatikan
-
Selanjutnya, guru memberi latihan kepada setiap siswa
melalui game. Guru memberitahukan aturan permainan
1.
Siswa
duduk di dalam kelas membentuk lingkaran.
2.
Guru
berada di tengah-tengah siswa untuk membagikan kartu yang sudah di tulisi tobe yang
digunakan dalam passive voice.
Tiap kartu masing-masing satu tobe.
3.
Kemudian,mereka
beradu cepat untuk membuat kalimat passive voice.
4.
Setiap
siswa harus membuat contoh kalimat yang terdiri dari kalimat passive
voice.
5.
Guru menunjuk salah satu siswa untuk membacakan kalimat
yang sudah di buat,setelah siswa tersebut selesai membacakannya maka siswa
tersebut juga menunjuk salah satu temannya untuk membacakan kalimat yang sudah
di buat oleh mereka,begitu seterusnya dan apabila ada yang salah maka siswa di
suruh berkeliling lingkaran sambil membuat 2
kalimat passive voice.
6.
Apabila
semua siswa sudah selesai membuat maka kartu akan di pindah oleh guru ke siswa
lain untuk membuat kalimat juga begitu seterusnya bergantian.
7.
Siswa
yang paling banyak membuat kalimat dengan benar akan mendapat tanda smily.
8.
siswa yang paling
banyak mendapat tanda
smily adalah juaranya dan mendapat nilai plus di dalam kelas.
-
Guru mengakhiri kelas dengan memberikan beberapa
nasehat untuk memotivasi siswa agar lebih giat belajar.
MEDIA
BY : Siti. Hasanah (STAIN PMK)
Bagus Sekali.
BalasHapus